Indonesia: Gerakan mahasiswa Indonesia 1998

langit_byru

New member
Gerakan mahasiswa Indonesia 1998 adalah puncak gerakan mahasiswa tahun sembilan puluhan yang ditandai dengan tumbangnya Orde Baru dengan ditandai lengsernya Soeharto dari kursi kepresidenan, tepatnya pada tanggal 21 Mei 1998.

Gerakan ini diawali dengan terjadinya krisis moneter di pertengahan tahun 1997. Harga-harga kebutuhan melambung tinggi, daya beli masyarakat pun berkurang. Tuntutan mundurnya Soeharto menjadi agenda nasional gerakan mahasiswa. Ibarat gayung bersambut, gerakan mahasiswa dengan agenda reformasi mendapat simpati dan dukungan dari rakyat.

Gedung wakil rakyat, yaitu Gedung DPR/MPR dan gedung-gedung DPRD di daerah, menjadi tujuan utama mahasiswa dari berbagai kota di Indonesia. Seluruh elemen mahasiswa yang berbeda paham dan aliran dapat bersatu dengan satu tujuan untuk menurunkan Soeharto. Organ mahasiswa yang mencuat pada saat itu antara lain adalah FKSMJ,Forum Kota, HMI MPO, KAMMI karena mempelopori pendudukan gedung DPR/MPR.

Perjuangan mahasiswa menuntut lengsernya sang Presiden tercapai, tapi perjuangan ini harus melalui tragedi Trisakti dan tragedi semanggi dengan gugurnya beberapa mahasiswa akibat bentrokan dengan aparat militer bersenjata.
 
mungkin yang lebih tepat, MOTOR PENGGERAK nya adalah mahasiswa.

Sesuai dengan salah satu fungsi mahasiswa, yaitu sebagai AGENT OF CHANGE.
 
gerakan itu dimotori dan didanai oleh CIA dan BAKIN, karena skenario konspirasinya seperti itu, hal itu juga dilakukan oleh Soe hok Gie pada era soekarno
 
Apapun teorinya, saya kurang begitu simpati dengan gerakan mahasiswa. Coba saja mereka berada pada posisi pemegang kekuasaan, mereka tidak akan berbeda. sejarah sudah membuktikan hal itu. Walaupun mungkin saja hanya oknum :)
 
jangan salah bosss....

kenapa di jaman soeharto apa2 murah?
karena harga2 disubsidi pemerintah, n duit nya dari mana lagi kalo bukan dari utang luar negeri?

dan kenapa hidup damai?
karena ketika kita pengen berbeda pendapat dari keinginan dia, besok kita past dah ilang. diculik entah siapa n gak bakal ketemu lagi jejaknya.

ibaratnya dulu soeharto menanam bencana, n sekarang tinggal panen bencana aja !!!



everycloudshasasilverlinings
 
Back
Top