Manfaat Puasa bagi Kesehatan

d-net

Mod
SELAMA ini, pencernaan Anda bekerja selama 18 jam sehari tanpa henti. Pada mat puasa, pencernaan, enzim serta hormon yang biasanya bekerja mencerna makanan bisa beristirahat selama 14 jam!
Jadi jika dilakukan secara benar, puasa dapat ?mengendalikan? berbagai jenis penyakit. Seperti diabetes, darah tinggi, kolesterol tinggi, tukak lambung, hingga obesitas. Berikut penjelasannya seperti dikutip Connectique.

* Puasa membersihkan tubuh dari sisa metabolisme. Saat berpuasa tubuh akan menggunakan zat-zat makanan yang tersimpan. Bagian pertama tubuh yang mengalami perbaikan adalah jaringan yang sedang lemah atau sakit.

* Melindungi tubuh dari penyakit gula. Kadar gula darah cenderung turun saat seseorang berpuasa. Hal ini memberi kesempatan pada kelenjar pankreas untuk istirahat. SepertiAnda ketahui, fungsi kelenjar ini adalah menghasilkan hormon insulin.

* Menyehatkan sistem pencernaan. Di waktu puasa, lambung dan sistem pencernaan akan istirahat selama lebih kurang 12 sampai 14 jam, selama lebih kurang satu bulan. Jangka waktu ini cukup mengurangi beban kerja lambung untuk memroses makanan yang bertumpuk dan berlebihan.

* Puasa mengurangi berat badan berlebih. Puasa dapat menghilangkan lemak dan kegemukan, secara ilmiah diketahui bahwa lapar tidak disebabkan oleh kekosongan perut. Tetapi juga disebabkan oleh penurunan kadar gula dalam darah.

Puasa Buat Kecantikan? Dicoba yuk :)
 
Back
Top