tentang kawista

lovelybyrne

New member
ada yang kenal ama kawista? emang buah ini nggak terlalu terkenal.tapi kukasih cerita tentang buah langka dari daerah rembang.

Kawista (Limonia acidissima syn. Feronia limonia) adalah kerabat dekat maja dan masih termasuk dalam suku jeruk-jerukan (Rutaceae). Tumbuhan yang dimanfaatkan buahnya ini sudah jarang dijumpai meskipun sekarang beberapa daerah mulai mengembangkannya. Kawista relatif tahan kondisi buruk (kering atau tanah salin) dan tahan penyakit. Asalnya adalah dari India selatan hingga ke Asia Tenggara dan Jawa.
Setiap 100 g bagian daging buah yang dapat dimakan mengandung: 74 g air, 8 g protein, 1,5 g lemak, 7,5 g karbohidrat, dan 5 g abu. Dalam 100 g bagian biji yang dapat dimakan terkandung: 4 g air, 26 g protein, 27 g lemak, 3 5 g karbohidrat, dan 5 g abu. Daging buah yang kering mengandung 15% asam sitrat dan sejumlah kecil asam-asam kalium, kalsium, dan besi. Kayu kawista berwarna putih kekuningan, keras, agak berat, dan berserat kasar, tetapi urat kayunya rapat dan dapat dipolis sampai berkilap.
 
Buah Kawis ya? Nih kalo gak salah gambarnya

foto083.thumbnail.jpg
foto082.thumbnail.jpg



Buah kawis yang katanya berasal dari kabupaten rembang, tapi nyatanya buah ini banyak terdapat di daerah pati, terutama di daerah kecamatan juwana khusunya daerah dipinggiran pantai

Kemarin kubeli satu buah kawis di toko buah yang ada di depan tempatku tinggal seharga seribu rupiah, kata penjual buah buah kawis enak dimakan di cocol sama gula putih, dan juga bisa dibuat sirup. Ternyata dalam satu buah kawis terdapat banyak sekali bijinya juga warnanya kecoklatan banyak sekali seratnya tapi enak juga rasanya.

karna buah kawis banyak bijinya jadi pingin untuk membudidayakannya bermodal satu buah kawis yang gue beli dari toko buah depan tempat tinggal gue, karena mau beli lagi udah habis semua.

Walaupun hanya bermodal satu buah kawis doain yaa ? supaya tumbuh semua. gue beri G 5 supaya cepet tumbuh
Kalo bijihnya udah tumbuh gue lanjutin lagi nulisnya

Setelah kurang lebih disemai bibit kawis ternyata udah tumbuh, seneng juga saat-saat yang kunantikan akhirnya datang juga melihat kecambah buah kawis pada bermunculan merekah dalam tanah. Kutunggu agak besar supaya bisa dipindah di dalam polibag.
 
tull..... ngomong2 akyu juga pindahan dari rembang........ btw, yang udah minum sirup kawista rasanya kaya apa coba??????????????
 
Back
Top