Wanita Hamil Aman Konsumsi Kopi
Sudahkah diri anda masuk dalam silsilah indonesia? Daftar sekarang


Kembali   indonesia > Menjadikan Hidup Kita Lebih Baik > Gaya Hidup dan Kesehatan
Register
Lupa password
Gabung Sekarang Email Galeri Foto Video Radio & TV Online Livescore

Wanita Hamil Aman Konsumsi Kopi

Jawab
 
LinkBack Alat Soal Cari Di Soal Ini Mode Tampilan
  #1  
nurcahyo's Avatar
Masyarakat Senior


 
Tulisan: 3,513
Bintang Penghargaan : 42

Wanita Hamil Aman Konsumsi Kopi - Jawaban Terbaik Belum di Pilih

Wanita Hamil Aman Konsumsi Kopi
Lihat Gambar

KapanLagi.com - Kabar baik bagi ibu hamil yang doyan ngopi. Jika selama ini banyak ibu hamil beranggapan minum kopi justru akan membuat berat badan bayi menurun atau lahir prematur. Namun kekhawatiran tersebut dimentahkan penelitian yang dilakukan ilmuwan Denmark. Dalam laporan yang dilansir dari Reuters, Jumat (26/01), para peneliti mengatakan meminum kafein dalam jumlah sedang selama kehamilan tak akan mengakibatkan kelahiran pradini atau membuat bayi kelebihan berat. Jumlah sedang di sini sekitar tiga cangkir kopi sehari.

Dalam studi sebelumnya konsumsi kafein pada ibu hamil memiliki dampak yang beragam, sebagian tak memperlihatkan perbedaan yang jelas, sementara yang lain menunjukkan terlalu banyak kafein bisa menurunkan berat tubuh bayi sampai 100-200 gram.

Tak seperti studi lain, yang melakukan studi pada perempuan yang telah melahirkan. Penelitian yang dipimpin Dr. Bodil Hammer Bech, dari Institute of Public Health di Aarhus, Denmark, ini memantau 1.207 pecandu kopi yang sedang hamil dan secara acak dipilih untuk minum minuman berkafein atau tidak selama paruh kedua kehamilan mereka. Dalam studi tersebut, para responden tak mengetahui mereka dimasukkan ke dalam kelompok mana.

"Kami memiliki dua kelompok, dan kami akhirnya tak menemukan perbedaan antara berat tubuh rata-rata bayi dan konsumsi kafein dalam jumlah sedang --sekitar tiga cangkir," kata Bech, yang menulis laporannya di British Medical Journal.

"Perbedaan dalam berat tubuh bayi antara kedua kelompok itu ialah 20 gram, dan tak ada perbedaan dalam usia kehamilan," katanya.

Dalam kelompok minuman berkafein, 4,2 persen bayi dilahirkan pradini dibandingkan dengan 5,2 persen pada perempuan yang meminum kopi tanpa kafein. Jumlah bayi yang berbadan kecil untuk ukuran usia kehamilan tersebut hampir sama pada kedua kelompok itu.

Bech mengatakan perempuan yang meminum sangat banyak kopi biasanya merokok dan meminum minuman beralkohol lebih banyak dibandingkan dengan perempuan lain, prilaku yang dapat mempengaruhi berat bayi mereka.

Namun karena semua perempuan itu diacak dalam studi tersebut, faktor lain yang mungkin berdampak pada bayi dan kehamilan sama dalam kedua kelompok itu.

Dalam satu studi sebelumnya, Bech dan timnya memperlihatkan bahwa konsum kafein secara berlebihan, delapan cangkir atau lebih, dapat meningkatkan resiko kelahiran bayi dalam keadaan meninggal.

"Sebanyak tiga cangkir kopi per hari tak apa-apa, tapi perempuan yang mengkonsumsi lebih mesti berhati-hati," pesan Bech pada wanita hamil pengkonsumsi kopi. (reuters/rit)
Jawab


Alat Soal Cari Di Soal Ini
Cari Di Soal Ini:

Pencarian Lebih Lanjut
Mode Tampilan


Soal yang Berkaitan
Soal Pembuka Forum Jawaban
Wanita Hamil Aman Konsumsi Kopi nurcahyo Gaya Hidup dan Kesehatan 2
Konsumsi ikan di masa hamil meningkatkan kecerdasan anak nurcahyo Gaya Hidup dan Kesehatan 0
Vitamin C dan Wanita Hamil Perokok nurcahyo Gaya Hidup dan Kesehatan 0
Hamil, Stop Minum Kopi! nurcahyo Gaya Hidup dan Kesehatan 0
haid wanita hamil nurcahyo Islam 0


Masih Baru di indonesiaindonesia.com? Tutorial Advanced

Cari di indonesiaindonesia



Powered by vBulletin® Version 3.6.8
Copyright ©2000 - 2010, Jelsoft Enterprises Ltd.
SEO by vBSEO 3.2.0

indonesiaindonesia.com bertujuan mempertemukan dan menyatukan semua orang indonesia dalam satu tempat, dalam satu waktu
menyambung silsilah setiap orang indonesia, sekaligus menjadi sumber informasi berbahasa indonesia terbesar di internet dalam forum
Wanita Hamil Aman Konsumsi Kopi