Susu, Tetap Sumber Kalsium Terbaik

nurcahyo

New member
Susu, Tetap Sumber Kalsium Terbaik


KapanLagi.com - Jangan malas minum susu, agar tulang kuat. Anggapan tersebut sering kita dengar, tapi tak ada salahnya kita meyakini hal tersebut terutama bagi anak perempuan. Sebuah studi menemukan untuk memperkuat tulang minum susu lebih baik daripada mengonsumsi suplemen kalsium.

Penelitian dari University Sheffield ini meminta 45 anak perempuan berusia 11 dan 12 tahun meminum suplemen kalsium yang ditambahkan pada jus buah. Sementara sekitar 45 anak perempuan lainnya diminta minum jus buah tanpa ditambah kalsium. Hasilnya, saat mengonsumsi jus buah berkalsium, terjadi peningkatan kepadatan tulang hingga 1,2 persen. Namun, 2 tahun setelah itu, massa tulang menurun lagi.

Menurut riset ini penurunan massa tulang dengan pola ini tak ditemukan pada anak perempuan yang minum susu. Peneliti menduga, penurunan massa tulang mungkin saja terjadi karena ada tekanan atas remodelling tulang (proses pergantian tulang tua yang rusak dengan pembentukan tulang baru).

"Anak-anak dan remaja sangat membutuhkan susu untuk membentuk tulang yang kuat," kata Prof Richard Eastell, salah seorang peneliti.

Namun suplemen kalsium bisa dipakai sebagai pengganti bila mereka tak suka susu meskipun akan lebih baik jika tetap minum susu. Kalau tidak, Anda akan kehilangan manfaatnya, karena susu lebih berperan membentuk tulang yang kuat. (healthday/rit)
 
Back
Top