Bagaimana cara agar Ibukota negara tidak selalu mendapat kiriman banjir ...?

mosyaef

New member
Sebagai anak bangsa, sebenarnya aku agak merah mukanya bila tiap tahun mendengar dan melihat berita di berbagai media mengenai Ibukota negara kita alias Jakarta selalu mendapat kiriman banjir dari kota penyangga disekitarnya yang secara geografis lebih tinggi letaknya.
Tuh, gimana cara agar Jakarte kite tiap tahun kagak dikirimi banjir ??
Kalo banjir uang mah bolehlah ...., buat kesejahteraan seluruh anak bangsa. Biar makmur bangsa ini he..he.. Siapa yach yang mau kirimin uang gratis buat bangsa ini? Sementara hasil tambang kita dikeruk dan disikat habis oleh kebijakan-kebijakan yang error!! Error man!!
 
ya.... yang utama, nie....
jaga tuh, kebersihan.... jangan suka buang sampah sembarangan.... kalo aku liat di tv-tv... di koran.... segala macem.... di sungai nya tuh, banyak sampah-sampah berserakan. entah itu di jalan, sungai, ato di mana-mana. trus, lagi, yah... penyebabnya... yang sangat keliatan banget... karena, JAKARTA terlalu banyak orang. Tanah, yang seharusnya bisa meresap air hujan, ehh... malah di bangun gedung-gedung, rumah-rumah. apalagi tuh, yang di tempat-tempat kumuh..

coba, deh.. meskipun ada banyak orang... orang-orangnya ini, diajak bersih-bersih tiap minggu. kan enak, tuh.. ga tiap minggu, deh.. tiap bulan.

duh, jadi ngembah, gini... sorry.. tapi, tuh adalah pendapat gue, sebagai warga kota lain, yang ikut prihatin dengan bencana banjir yang terjadi di Ibu Kota Jakarta.
 
Menurut Aq :
- Yang mulai dari rumah dulu ya, biasakan Buang Sampah pada tempatnya --> di Tempat Sampah, jangan di sungai.
- Bikin rumah atau bangunan dengan konstruksi yang ada selokannya.
- Penghijauan kembali, Jakarta kurang daerah resapan dan daerah hijau juga untuk mengurangi polusi, bangunannya jangan beton semua.
Penghijauan <> Pembetonan
- Penanganan berkelanjutan pembangunan kanal banjir.
- Sosialisasi dan peringatan lebih awal tentang bahaya banjir.

Semoga cepat tercapai ...
 
cuma nambahin, dari hasil ngobrol asal2an di warung kopi..

ada tmn yg ksh joke. "jakarta dialiri 13 anak sungai, so jadiin aja jakarta jadi venesia nya indonesia.jd kemana2 naek gondola"
 
cuma nambahin, dari hasil ngobrol asal2an di warung kopi..

ada tmn yg ksh joke. "jakarta dialiri 13 anak sungai, so jadiin aja jakarta jadi venesia nya indonesia.jd kemana2 naek gondola"


asik, tuh.. ntar gue ikutan deh, naik gondola.. ^_^
sekalian, biar gak kejebak macet. hehehe..
 
Teknologi Biopori, Solusi Tepat Atasi Banjir

Ada informasi dari IPB mengenai penanggulangan banjir di Jakarta yaitu dengan menerapkan teknologi Biopori . Prinsip dari teknologi ini adalah menghindari air hujan mengalir ke daerah yang lebih rendah dan membiarkannya terserap ke dalam tanah melalui lubang resapan tersebut.

Dinamakan teknologi biopori atau mulsa vertikal karena teknologi ini
mengandalkan jasa hewan-hewan tanah seperti cacing dan rayap untuk
membentuk pori-pori alami dalam tanah, dengan bantuan sampah organik,
sehingga air bisa terserap dan struktur tanah diperbaiki.

Di kawasan perumahan yang 100 persen kedap air, teknologi lubang serapan
biopori ini diterapkan dengan membuat lubang di saluran air ataupun di
areal yang sudah terlanjur diperkeras dengan semen dengan alat bor.

Kemudian ke dalam lubang berdiameter 10 cm dengan kedalaman 80 cm atau
maksimal satu meter tersebut, dimasukkan sampah organik yang bisa berupa
daun atau ranting kering serta sampah rumahtangga.
Keberadaan sampah organik ini berfungsi untuk membantu menghidupkan cacing tanah dan rayap yang nantinya akan membuat biopori.

Demikian euy sekilas info yang bisa saya kutip dari dosen Fakultas Pertanian
Institut Pertanian Bogor (IPB), Ir. Kamir R Brata MS .

Dan ditambah dengan pembangunan Dam kanal Timur dan Barat serta kesadaran masyarakat utk hidup bersih . Mudah-mudahan banjir bisa kita tanggulangi ...
 
masalahnya adalah uang. Ada tidak duitnya (anggrannya)? Aku lihat konsep pembuatan penyaluran air besar2an di bawah tanah dengan gorong2 yang luas dan besar.... mungkin mirip saluran air di US... juga mungkin merangkap sebagai selter perlindungan perang. adalah sangat bagus... sangat masuk akal untuk menanggulangi banjir secara terpadu.
 
Back
Top