Masih Ada Final Fantasy untuk GBA

andree_erlangga

New member
Beberapa pekan silam, para veteran yang menggemari RPG klasik dihibur oleh Final Fantasy III yang diproduksi ulang untuk mesin portabel Nintendo DS. Saat masih banyak yang sedang sibuk menamatkan game tersebut secara tuntas, satu seri klasik Final Fantasy lain menyusul. Game tersebut adalah Final Fantasy V Advance, yang-bisa dilihat dari judulnya-hadir untuk saudara tua Nintendo DS, yaitu mesin portabel GameBoy Advance.

Berbeda dengan Final Fantasy III yang mengalami perombakan total di Nintendo DS, Final Fantasy V ini tidak banyak berbeda dari debut awalnya di mesin Super Famicom dulu. Ini terutama disebabkan oleh keterbatasan teknologi grafis GameBoy Advance. Tapi, performanya terbilang prima. Mesin ini memang sudah berpengalaman mengangkat berbagai seri Final Fantasy, yaitu seri pertama, kedua, keempat, dan satu game orisinil Final Fantasy Tactics Advance.

Bagi yang belum tahu, Final Fantasy V berkisah tentang suatu dunia yang diberkahi oleh kekuatan empat kristal elemen, yaitu kristal angin, bumi, api, dan air. Suatu hari, kristal angin tiba-tiba pecah, sebuah meteor jatuh ke bumi, dan seorang raja lenyap. Pemain mengendalikan karakter-karakter bernama Bartz, Lenna, Galuf, dan Faris untuk menyibak misteri, dan nantinya menghadapi ancaman besar dari antagonis bernama X-Death.

Yah, memang cerita fantasi tipikal. Tapi Final Fantasy V mempunyai daya tarik dalam hal sistem permainan. Game ini mengembangkan lebih jauh konsep job system yang dimulai dalam Final Fantasy III. Karakter bisa berganti job, sambil mempertahankan teknik tertentu yang berasal dari job sebelumnya. Konsep ini nantinya akan mempengaruhi game seperti Final Fantasy Tactics atau berbagai RPG strategi buatan Nippon Ichi.

Kualitas grafis Final Fantasy V versi GameBoy Advance ini ditingkatkan hingga hampir menandingi Final Fantasy VI atau Chrono Trigger. Sistem permainannya pun mendapat sejumlah unsur baru. Pemain bisa menikmati setidaknya empat job eksklusif. Ada Prophet yang memiliki serangan tunda dan bisa meramal. Ada Cannoner yang bisa menembakkan meriam dahsyat dengan berbagai efek. Ada Gladiator yang jago pertarungan jarak dekat. Dan ada Necromancer yang punya kemampuan khusus terhadap mayat. Selain itu, tersedia juga sejumlah dungeon baru.

Game ini bukanlah seri Final Fantasy terakhir untuk GameBoy Advance. Di akhir bulan November ini akan hadir juga Final Fantasy VI.
 
Back
Top